Google Contacts Mulai Terintegrasi dengan Gmail

0
Kemarin Google baru saja mengumumkan tentang update fitur contacts yang terintegrasi pada aplikasi Gmail. Sebenarnya fitur ini sudah tersedia sejak lama, namun kurang mendapat perhatian dari developer Google sendiri maupun penggunanya. Sekarang jika Anda periksa, fitur ini mendapatkan tempat yang strategis dalam navigasi menu Gmail, yakni berada pada bilah navigasi sebelah atas di sisi kiri. Area ini adalah area yang paling pertama dilihat kebanyakan pengguna, mengingat kebiasaan membaca dari kiri atas ke kanan.

Google Contacts dalam GMail

Menurut pengamatan saya, hal yang mendasari para pengembang Gmail mengintegregasikan fitur contacts dengan lebih manis tersebut adalah karena suksesnya Android diadopsi oleh pengguna ponsel dan peralatan mobile lain. Sistem contacts dalam Android dirancang untuk berintegrasi dengan baik pada aplikasi cloud contacts Google, dimana hal ini sangat dimungkinkan karena setiap pengguna disarankan untuk mengaktifkan akun Google-nya pada ponsel Android. Akun tersebut kemudian digunakan untuk sinkronisasi kontak, email, dan kalender serta syarat utama untuk bisa mengakses repositori aplikasi Android milik Google, yakni Android Market.


Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengadopsi Android, semakin banyak pula pengguna yang memanfaatkan Google Contacts sebagai aplikasi untuk mengelola phonebook dan alamat email pada Android. Hal tersebut saya kira merupakan salah satu pertimbangan Google untuk menyandingkan aplikasi contacts dengan fitur andalannya, yaitu Gmail. Perlu juga dicatat bahwa, khususnya di Indonesia, penetrasi penggunaan ponsel (mobile internet/wireless) sebagai media komunikasi internet lebih tinggi daripada penetrasi sambungan internet melalui telepon rumah (wireline). Sebagai penutup, aplikasi yang mendapatkan banyak pengguna akan lebih berkembang dibandingkan dengan yang sedikit peminatnya seperti yang terjadi pada Google Wave.
Tags

Post a Comment

0Comments

Punya opini sendiri mengenai topik di atas? Silakan tulis pada form komentar di bawah ini.

Post a Comment (0)