Penggunaan "At" untuk Pencarian yang Spesifik pada Suatu Situs

0
Hal yang paling saya kagumi dari perusahaan Google adalah kemampuannya untuk terus berinovasi guna memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya. Debut pertamanya dimulai dengan pengembangan teknologi pencarian situs web (search engine) yang pada saat itu (1996) sudah terdapat banyak disediakan oleh perusahaan seperti Yahoo!, Altavista, Lycos, maupun Ask, dengan pengguna fanatik yang telah banyak. Dulu saya pun termasuk di antara pengguna fanatik Yahoo! dan memiliki akun Geocities yang saya telah lupa alamatnya.

Sebagai pendatang baru dalam persaingan pasar, sebuah perusahaan mau tidak mau harus menawarkan produk yang memiliki competitive advantage dibanding pendahulunya agar bisa bertahan atau bahkan menggeser posisi penguasa pasar. Demikian juga Google, Lary dan Sergey -- pendiri Google -- menawarkan teknologi yang disebut Backrub untuk menyempurnakan teknologi yang telah ada. Hasilnya, pencarian Google memberikan hasil yang lebih relevan dibanding para kompetitor dan menempatkan Google sebagai penguasa bisnis search engine.



Melengkapi teknologi pencarian yang telah mapan tersebut, baru-baru ini Google memperkenalkan operator pencarian "at" yang berfungsi untuk memerintahkan mesin pencari agar melakukan pencarian yang spesifik pada suatu situs tertentu. Sebagai contoh query "google voice at lifehacker" akan memberikan hasil pencarian mengenai google voice pada situs lifehacker.

Pencarian dengan operator "at"

Sebenarnya fasilitas ini telah disediakan oleh Google dengan operator site:, namun fasilitas ini umumnya hanya diketahui oleh pengguna veteran Google. Query untuk mencari artikel mengenai google voice di atas bisa juga dituliskan sebagai site:lifehacker.com google voice. Namun seperti yang bisa kita lihat, query di atas terlihat lebih manusiawi daripada yang terakhir, yang lebih bersifat mesini.

Pencarian dengan operator "pada" di google.co.id

Saya belum tahu operator yang (secara resmi) ekuivalen dengan "at" dalam Google Bahasa Indonesia, namun saya telah sedikit berkesperimen dengan query "tenaga honorer pada ngawikab" di google.co.id serta beberapa query lain, ternyata hasilnya sesuai dengan harapan saya. Kesimpulan saya, secara linguistik operator "at" adalah ekuivalen dengan "pada" dalam Bahasa Indonesia untuk pencarian Google secara spesifik terhadap situs tertentu.

Tentu saja penggunaan bahasa pencarian (query) yang lebih manusiawi akan lebih mudah digunakan oleh para pengguna agar mendapatkan hasil pencarian yang sesuai harapan. Namun seperti dalam kehidupan kita sehari-hari, apabila kita bertanya pada seseorang dan mendapatkan jawaban yang tidak sesuai, bisa jadi kita yang salah dalam mengajukan pertanyaan. Dengan pengalaman googling dari waktu ke waktu, kemampuan kita menggali informasi dari Google akan terasah dengan baik untuk bertanya pada mesin.

Informasi mengenai topik ini:
  1. http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2010/08/showing-more-results-from-domain.html
  2. http://lifehacker.com/5617932/google-simplifies-domain+specific-searching
Tags

Post a Comment

0Comments

Punya opini sendiri mengenai topik di atas? Silakan tulis pada form komentar di bawah ini.

Post a Comment (0)