Mainan Baru Telah Datang: Arduino

0
Akhirnya, pesanan yang ditunggu-tunggu telah tiba, Arduino Duemilanove (Duemilanove adalah bahasa Italia untuk 2009) yang saya pesan beberapa hari lalu di Indorobotika. Ternyata lebar benda ini hanya selebar bungkus rokok Gudang Garam Surya 12. Perkiraan saya Arduino ini adalah clone dari yang made in Italy.

Paket Arduino yang saya terima
Isi paket pesanan saya: board Arduino+kabel USB,
fe-/male pins, breadboard, prototype shield, dan LCD
Arduino saya memiliki mikrokontroler ATMega328. Saya sendiri kurang paham dengan mikrokontroler, namun dengan Arduino saya tidak perlu mengetahui lebih dalam tentang pemrograman mikrokontroler. Pemrograman alat ini menggunakan IDE (Integrated Development Environment) dengan antarmuka bahasa C yang disederhanakan.

Sebagaimana perkenalan terhadap bahasa pemrograman komputer dengan menampilkan teks "Hello World!", saya juga berkenalan dengan Arduino melalui contoh program "Blink", yaitu mengontrol sebuah lampu LED agar berkedip 1 detik menyala dan 1 detik padam dalam loop. Contoh itu sendiri sebenarnya telah diberi komentar dengan jelas, sehingga mudah untuk dipelajari.



 /*
  Blink

 Turns on an LED on for one second, then off for one second, repeatedly.

 The circuit:
 * LED connected from digital pin 13 to ground.

 * Note: On most Arduino boards, there is already an LED on the board
 connected to pin 13, so you don't need any extra components for this example.


 Created 1 June 2005
 By David Cuartielles

 http://arduino.cc/en/Tutorial/Blink

 based on an orginal by H. Barragan for the Wiring i/o board

 */

int ledPin =  13;    // LED connected to digital pin 13

// The setup() method runs once, when the sketch starts

void setup()   {                
  // initialize the digital pin as an output:
  pinMode(ledPin, OUTPUT);     
}

// the loop() method runs over and over again,
// as long as the Arduino has power

void loop()                     
{
  digitalWrite(ledPin, HIGH);   // set the LED on
  delay(1000);                  // wait for a second
  digitalWrite(ledPin, LOW);    // set the LED off
  delay(1000);                  // wait for a second
} 


Proyek pertama: Blink

Program pengantar ini memperkenalkan saya pada beberapa perintah Arduino. int ledPin =  13; memberitahu Arduino bahwa angka konstanta ledPin dengan nilai 13 (merujuk pada pin digital Arduino nomor 13) adalah tempat dimana kaki LED (positif) berada. pinMode(ledPin, OUTPUT); memberitahu Arduino bahwa pin nomor 13 tersebut berperan sebagai output dimana nilai output tersebut akan ditentukan dengan perintah digitalWrite.

Perintah digitalWrite(ledPin, HIGH); memerintahkan Arduino agar memberi arus pada pin 13 sehingga LED menyala, demikian juga sebaliknya digitalWrite(ledPin, LOW); memerintahkan agar pin 13 tidak diberi arus sehingga LED padam. delay(1000); memberi jeda selama 1 detik pada tiap-tiap keadaan LED: nyala -> jeda satu detik -> padam -> jeda satu detik. Siklus tersebut akan terus berlangsung selama Arduino mendapatkan daya listrik (fungsi void loop()).

Pada pin 13 board Arduino sebenarnya telah terpasang sebuah LED yang terletak didekat LED indikator transfer data USB, sehingga tanpa dipasang LED pun program ini sudah bisa berjalan.

Itulah perkenalan saya dengan Arduino, saya akan meneruskan bereksperimen dengan output LCD sambil belajar lebih jauh :-)
Tags

Post a Comment

0Comments

Punya opini sendiri mengenai topik di atas? Silakan tulis pada form komentar di bawah ini.

Post a Comment (0)