CWM Recovery untuk Smartfren Androtab

6

Telah kurang lebih 4 bulan saya menggunakan tablet Smartfren Androtab ini, tablet murmer yang cukup menarik -- prosesor 1 GHz, sudah dilengkapi modem internal CDMA, Ice Cream Sandwich 4.0.4 -- adalah hanya beberapa fitur yang menarik buat diutak-atik.

Dan kemudian setelah mengetahui chipset yang dipakai adalah Rockchip (RK2918, lebih spesifiknya), saya baru menyadari bahwa teramat sedikit peralatan android ber-chip Rockchip yang telah dimodifikasi. Dengan kata lain, sangat sedikit dokumentasi di web tentang bagaimana firmware peralatan dengan chip ini dioprek. Sangat bertolak belakang dengan handset android Samsung Galaxy Spica atau Wonder yang telah saya jahili sebelumnya. Meskipun bukan pengembang, saya sangat tertarik untuk mengutak-atik peralatan ini dan mencoba sebatas mana dia mampu bekerja.

Hal pertama yang saya coba adalah modifikasi ROM. Dari pencarian di web saat itu, saya menemukan ada 2 stock ROM yang telah beredar: batch 1 dan batch 2, pada saat saya menulis ini telah sampai dengan batch 5. Saya hanya melakukan root dan mengekstrak isi folder app dan framework untuk men-deodex-nya saja.

Kemudian, dari pengalaman saya dengan Samsung, saya coba mencari Clockworkmod recovery (CWM recovery) untuk RK2918. Ternyata susahnya minta ampun. Hingga barusan saya menemukan thread ini dan bergegas mencobanya. Alhamdulillah langsung berjalan.



Jadi beginilah saya melakukannya:
  1. Asumsinya, pada PC telah terinstall ADB dan driver Androtab. Jika belum, luangkan waktu untuk mencari tahu dan menginstallnya terlebih dahulu :)
  2. Download recovery RKTool yang disediakan oleh original poster.
  3. Ekstrak file tersebut (di PC saya berada di C:\recovery_RKtool_win_v2)
  4. Bahasa defaultnya adalah Spanyol, ganti dengan mengedit file setting.ini dan mengganti Spanish menjadi English di sub setting SYSTEM>Language, simpan.
  5. Pada folder img terdapat file parameter, pada entry baris 10 terdapat "COMBINATION_KEY:  0,6,A,7,0", saya telah melakukan crosscheck dengan file parameter di stock ROM batch 2 ternyata entry tersebut tidak diperlukan dan saya menghapus baris 10 tersebut.
  6. Pada kondisi mati, tekan tombol volume minus dan colokkan kabel microusb ke PC.
  7. Jalankan RK29update.exe, seharusnya pada tampilan bagian bawah jendela RK29update tertulis "device detected". Jika tidak, kemungkinan driver tidak sempurna dan ulangi dari langkah 6.
  8. Jika semua telah benar sesuai dengan gambar, tekan update.
  9. Untuk memasuki mode recovery, dari kondisi mati tahan tombol volume minus dan tekan tombol power sampai tablet menyala.
Ada banyak fitur dan menu yang bisa diakses dari CWM Recovery, termasuk di antaranya adalah Nandroid Backup dan Restore yang sangat meringankan beban hidup saya :D

Post a Comment

6Comments

Punya opini sendiri mengenai topik di atas? Silakan tulis pada form komentar di bawah ini.

  1. ûntuk upgrade os android ics ke jelly bean smartfren andro tab gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum tahu gan.. nanti kalau udah bisa saya post di sini

      Delete
  2. setelah saya lakukan sesuai diatas, kok tab nya gak bisa nyala yaa mas?
    gimana cara biar nyala? udah saya coba reset via lubang deket headset tetep gak bisa nyala,

    ReplyDelete
  3. flash ulang ke batch 2 ajah gan

    ReplyDelete
  4. nano denta :flash ulang gimana cranya tolong... gan

    ReplyDelete
Post a Comment