Kesengsem Arduino

0
Arduino, ini bukan nama pemain bola dari Italia. Arduino adalah platform untuk membuat prototipe peralatan elektronis dengan basis hardware dan software yang fleksibel. Dikatakan fleksibel karena Arduino ini bisa diprogram dengan software opensource untuk mengontrol komponen/peralatan elektronik lain, misalnya LED, motor listrik, juga relay.

Arduine Duemilanove idaman saya

Membaca sekilas namanya Anda tentu sudah menebaknya. Ya, ini adalah produk asli Italia meskipun telah beredar juga clone Arduino made in China. Saya mengenalnya pertama kali di artikel Instructables yang membahas tentang cara pembuatan matriks LED 24x6 untuk display. Karena penasaran dengan benda ini, saya melakukan riset (hayah) kecil-kecilan dan menemukan banyak sekali proyek elektronika dengan memanfaatkan Arduino. Mulai dari proyek sesederhana lampu flip-flop hingga membuat robot dengan kecerdasan buatan.


Hobby saya sejak SD adalah elektronika. Proyek pertama kali yang saya kerjakan adalah lampu flip-flop dengan 2 LED, menyontek skema yang (seingat saya) saya dapat dari majalah Bobo (dulu majalah anak-anak ini pernah menerbitkan edisi dengan modul elektronika). Waktu itu -- karena belum bisa pegang solder -- komponen saya rangkai dengan memilin kaki-kaki transistor, kapasitor elektrolit, resistor, dan lampu LED. Sebenarnya dalam majalah ditunjukkan bahwa rangkaian disambungkan dengan cara menyekrupnya pada papan, semacam breadboard yang saya kenal sekarang.

Sejak menemukan Arduino beberapa hari lalu, bangkit lagi keinginan saya untuk mengerjakan hobby ini. Saya hendak mempraktekan dulu proyek yang telah dipublikasikan orang-orang, mungkin dengan itu muncul ide untuk membuat proyek sendiri. Dan karena saya baru memesannya hari ini, saya belum bisa bercerita banyak tentang Arduino. Rasanya sudah tidak sabar lagi untuk memulainya! :-)
Tags

Post a Comment

0Comments

Punya opini sendiri mengenai topik di atas? Silakan tulis pada form komentar di bawah ini.

Post a Comment (0)