Memaksa Firefox Mengingat Password di Situs Seperti PayPal

0
Seperti kebanyakan browser web lain, Firefox memiliki fitur pengingat password yang menawarkan pilihan untuk menyimpan password setiap kita login pada suatu situs. Namun adakalanya kita tidak ditawari pilihan itu, seperti yang terjadi pada halaman situs PayPal, Yahoo!, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk melindungi pengguna yang bisa jadi tidak sengaja memilih opsi menyimpan password pada komputer yang digunakan oleh banyak orang, misalnya komputer warnet atau kantor.


Fitur pengingat password memang bisa ditiadakan oleh penyedia website dengan memberikan parameter autocomplete="off" pada field password form login, seperti yang terjadi pada PayPal. Jelasnya bisa dilihat pada gambar ini:

Login Form PayPal

Nah, pada situs-situs dengan form login seperti ini, browser tidak akan menawarkan untuk menyimpan password pada pengguna. Cukup berguna untuk kebanyakan orang, bukan? Bayangkan bila akun yang berisi data penting dan secara tidak sengaja password tersimpan sehingga bisa digunakan oleh orang lain.

Namun adakalanya juga kita benar-benar ingin menyimpan password tersebut pada komputer pribadi, bagaimana untuk menyimpannya bila browser tidak menawarkannya?

Pada browser Firefox, kita bisa melakukan langkah berikut:
  1. Tutup jendela semua Firefox (jika terbuka) dan jendela turunannya: Download, Addon, dsb. bila ada.
  2. Buka file C:\Program Files\Mozilla Firefox\components\nsLoginManager.js (atau sesuai lokasi instalasi pada komputer Anda) dengan Notepad.
  3. Cari teks _isAutocompleteDisabled : function (element) {.
  4. Hapus/beri tanda komentar tiga baris teks di bawah teks yang dicari tersebut.
Sebelum dirubah, file nsLoginManager.js terlihat seperti ini:

  _isAutocompleteDisabled : function (element) {
    if (element && element.hasAttribute("autocomplete") &&
        element.getAttribute("autocomplete").toLowerCase() == "off")
        return true;
    return false;
  },


Setelah dirubah,akan terlihat seperti ini

  _isAutocompleteDisabled : function (element) {
   //     if (element && element.hasAttribute("autocomplete") &&
   //     element.getAttribute("autocomplete").toLowerCase() == "off")
   //     return true;
    return false;
  },


Perhatikan tanda garis miring ganda (//, saya tandai warna merah), merupakan notasi untuk mengomentari (to comment) sebuah kode JavaScript, yang berarti kode setelah notasi itu yang dalam satu baris tidak akan dijalankan. Cara ini lebih aman daripada menghapus tiga baris tersebut, kita tinggal menghapus notasi komentar (meniadakan komentar, to uncomment) sewaktu-waktu kita membutuhkannya lagi.

Sebagai penutup, perlu diingat bahwa langkah ini berarti membuka peluang resiko keamanan. Gunakan jika Anda benar-benar menyadari resiko menyimpan password ke dalam password manager Firefox.

Disadur dari sini.
Tags

Post a Comment

0Comments

Punya opini sendiri mengenai topik di atas? Silakan tulis pada form komentar di bawah ini.

Post a Comment (0)